Saturday, December 15, 2012

Tren Penggunaan Internet : Web Browser Terbanyak Digunakan Di Tahun 2012

     Hampir setiap orang sekarang ini tidak asing lagi dengan internet dan kegunaannya dalam kehidupan mereka. Tentu saja untuk mengakses internet dibutuhkan sebuah aplikasi, yaitu Web Browser.

     Web Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dengan dokumen – dokumen yang disediakan di web server atau di World Wide Web yang diidentifikasikan dengan URL(Uniform Resource Identifier). Web Browser sebenarnya ditujukan terutama untuk mengakses World Wide web, tetapi seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi dan kebutuhan, penyedia Web Browser kemudian menambahkan berbagai fungsi lain yaitu mengakses infromasi yang di sediakan oleh server web dalam jaringan pribadi atau file dalam sistem file.

     Disini, akan dibahas mengenai 5 Web Browser utama yang sering digunakan, yaitu : Internet Explorer(IE), Mozilla Firefox, Chrome, Opera, dan Safari.

Internet Explorer 
Web Browser gratis yang dikembangkan oleh Microsoft, mulai tahun 1995. Setelah dirilis, Microsoft menambahkan fitur dan teknologi yang membantu pembuatan halaman web, dan domain yag terinternasionalisasi. Versi paling baru IE adalah IE 9 yang tersedia bagi Windows 7, Vista, dan Windows Server 2008.

Mozilla Firefox
Web browser open-source dan gratis yang dikembangkan oleh Microsoft Windows, Linux dan OS X. Firefox menggunakan  Gecko Layout Engine untuk membuat halaman web yang mengimplementasikan browser yang standar dan terbaru. Versi Mozilla Firefox yang paling baru adalah Firefox 5. 

Chrome
Web browser yang freeware, yang dikembangkan oleh Google menggunakan WebKit Layout Engine. Awalnya pada tahun 2008 dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows. Versi terbaru dari Chrome adalah Chrome 23.0.1271.97.

Opera
Adalah browser web dan internet suite yang dikembangkan oleh Opera Software dengan lebih dari 270 juta pengguna di seluruh dunia. Merupakan web browser terpopuler untuk mobile. Versi terbaru Opera adalah Opera 12.02. 

Safari
Browser web yang dikembangkan oleh Apple Inc dan disertakan dengan Mac OS X dan iOS Sistem Operasi, dan didukung oleh Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7. Dirilis awal sebagai beta public pada tahun 2003. Versi terbaru dari Safari adalah Safari 6.0.2

     Berikut akan dibahas data statistik pengguna 5 web browser selama tiga tahun terakhir:
Rating rata – rata pengguna Web Browser tahun 2010 :
 Rating rata - rata pengguna Web Browser tahun 2011 :
 Rating rata - rata pengguna Web Browser tahun 2012
     Dari ketiga tabel diatas, dapat di simpulkan bahwa rating rata - rata pengguna Web Browser selama tiga tahun terakhir menunjukkan sebuah pola. Yaitu Internet Explorer dan Mozilla Firefox mengalami penurunan rating secara bertahap. Sedangkan sebaliknya, Chrome secara bertahap mengalami kenaikan ratung dan mencapai rating pengguna terbanyak ditahun 2012 (40,4%). Kemudian Safari dan Opera selama tiga tahun terakhir tidak menunjukkan perubahan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat jika ketiga tabel diatas dijadikan grafik sebagai berikut :


     Namun, meskipun dari rating diatas didapat bahwa Chrome memiliki pengguna terbanyak bukan berarti Chrome memiliki fitur yang lebih unggul dibanding Web Browser yang lain, tetapi banyak digunakan karena alasan kenyamanan dan kesederhanaan saja. Karena tiap Web Browser memiliki keunggulan dan standarnya masing - masing.

Terima Kasih.. Semoga Bermanfaat ^^

Sumber :
http://www.w3schools.com/default.asp
http://aditsubang.wordpress.com/2012/04/28/10-internet-browser-terbaik-2012/
http://internet-browser-review.toptenreviews.com/
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_browser
http://en.wikipedia.org/wiki/Google_Chrome
http://en.wikipedia.org/wiki/Opera_(web_browser)
http://en.wikipedia.org/wiki/Safari_(web_browser)
http://en.wikipedia.org/wiki/Internet_Explorer
http://en.wikipedia.org/wiki/Firefox
Picture Credit :
batangcyber.blogspot.com, kopihijau.info, wired.com, telkomsel.com

No comments:

Post a Comment